Blog
Blog

Opsi Over The Counter dalam Pembayaran Bisnis Online

over-the-counter

Seperti namanya, opsi Over the Counter (OTC) mengacu pada pembayaran yang dilakukan secara langsung di konter, misalnya kasir minimarket hingga kantor pos. Pembayaran jenis tampak konvensional, tapi justru menjadi pelengkap penting dalam transaksi masyarakat Indonesia.

Pembayaran OTC digunakan dalam bisnis yang beroperasi secara online dan membutuhkan pembayaran offline secara langsung di konter. Kenapa pembayaran Over The Counter masih relevan? Bagaimana cara kerja pembayaran OTC? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel ini.

Kenapa Pembayaran Over The Counter Masih Relevan?

Kita semua bisa sepakat bahwa menjalankan bisnis online turut mengembangkan wawasan dan kemampuan berstrategi. Mulai dari pengembangan produk, hingga operasional bisnis. Faktanya, bagaimana operasional bisnis Anda bekerja turut berdampak pada pengalaman pelanggan. Salah satu yang paling vital adalah pengalaman pembayaran.

Pernahkah Anda berada di situasi ketika pelanggan sudah tertarik pada produk atau layanan yang ditawarkan, tapi tidak jadi menyelesaikan transaksi karena opsi pembayaran yang dibutuhkan tidak tersedia? Memahami kebutuhan pembayaran pelanggan Anda dengan cermat adalah solusi untuk menyediakan pembayaran yang tepat untuk pelanggan Anda.

Mari kita pahami bersama mengapa jenis pembayaran Over The Counter masih relevan untuk digunakan dalam transaksi bisnis online, termasuk pelanggan seperti apa yang cocok untuk menggunakan metode pembayaran yang satu ini.

Baca juga: Kenali Alat Pembayaran Nontunai yang Cocok untuk Bisnis Anda

Pembayaran OTC masih menjadi opsi metode pembayaran yang relevan bagi bisnis online karena jangkauan pembayaran yang inklusif. Nah, inklusif yang dimaksud di sini adalah metode pembayaran ini mampu menjadi solusi pembayaran bagi jutaan penduduk Indonesia yang termasuk dalam katergori unbanked atau underbanked.

Unbanked adalah masyarakat yang tidak mempunyai rekening bank, sedangkan underbanked adalah masyarakat yang belum terlayani penuh oleh bank atau belum mempunyai akses yang memadai ke layanan keuangan.

Berdasarkan data World Bank tahun 2021, diketahui bahwa jumlah penduduk unbanked di Indonesia menempati posisi ke-4 di dunia. Sebanyak 97,74 juta orang dewasa di Indonesia tidak mempunyai rekening bank atau setara dengan 48% dari populasi dewasa di dalam negeri.

Jumlah tersebut terbilang cukup besar dan menjadi pasar yang masih potensial untuk bisnis tertentu. Jika bisnis Anda menyasar target pelanggan dengan karakter tersebut, maka pembayaran OTC masih relevan untuk memenuhi kebutuhan pembayaran pelanggan saat akan membayar pesanannya ke bisnis online Anda.

Selain itu, pembayaran Over The Counter juga mampu menjangkau pelanggan yang mempunyai preferensi membayar secara tunai di gerai fisik karena kekhawatiran mereka pada modus penipuan online yang memang marak di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini.

Kondisi lapangan juga menunjukkan bahwa gerai pembayaran OTC yang tersebar luas di penjuru negeri, memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk membayarkan tagihan mereka ke konter yang diinginkan. Hal tersebut turut menjadi pendukung kenapa pembayaran jenis ini masih relevan untuk digunakan pelanggan.

Cara Kerja Pembayaran Over The Counter

Setelah memahami relevansi pembayaran OTC bagi pelanggan Indonesia, kini mari kita ulas tentang cara kerja dari pembayaran yang satu ini. Terdapat 2 tahap umum yang dilakukan dalam proses pembayaran OTC. Berikut penjelasannya:

1. Pembuatan Kode Pembayaran

Tahap pertama dimulai dari pelanggan yang melakukan pemesanan produk atau layanan dalam pembayaran yang dilakukan di website Anda. Kemudian, pelaggan memilih Over The Counter sebagai metode pembayaran untuk tagihannya. Pelanggan memilih gerai apa yang ingin digunakan, misalnya Alfamart, Indomaret, atau kantor pos.

Selanjutnya, kode pembayaran akan muncul sesuai tagihan tersebut. Kode pembayaran ini bersifat unik dan hanya digunakan dalam satu kali transaksi. Sistem pembayaran akan memberikan kode tersebut secara otomatis tanpa Anda memasukkannya secara manual.

Baca juga: e-Invoice Itu Apa? Simak Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

2. Pembayaran di Gerai Fisik

Setelah mendapatkan kode pembayaran, pelanggan akan datang ke gerai fisik yang dipilih. Pelanggan dapat langsung memberikan kode pembayaran tersebut, selanjutnya kasir akan memproses pembayaran ke dalam sistem mereka.

Selanjutnya, pelanggan membayar tagihan sesuai dengan nominal yang tertera secara tunai ke kasir. Proses verifikasi berlangsung otomatis dan dana pembayaran akan masuk ke dalam sistem pembayaran untuk selanjutnya dicairkan ke rekening pemilik bisnis.

Menghubungkan Bisnis dengan Pembayaran OTC

Proses pembayaran OTC memerlukan sistem terintegrasi yang mampu menghubungkan website bisnis dengan layanan pembayaran ini. Anda dapat menggunakan sebuah layanan pembayaran bisnis yang dikenal dengan Payment gateway.

Payment gateway membantu bisnis Anda terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran termasuk pembayaran Over The Counter. Seluruh data transaksi akan tercatat otomatis dan dapat dikelola melalui dashboard. Opsi integrasi yang bisa dipilih adalah integrasi API dan payment page plugin.

Sebagai penyedia layanan payment gateway Indonesia yang terpercaya, iFortepay telah membangun sistem pembayaran terbaik untuk bisnis Anda. Jangan ragu untuk konsultasi kebutuhan pembayaran Anda secara gratis dengan tim internal kami dengan klik di sini.

See another articles from iFortepay