Cashless society menjadi salah satu tren yang berkembang saat ini dan membuat pelanggan lebih memilih pembayaran nontunai untuk transaksi sehari-hari. Mesin EDC menjadi salah satu alat yang membantu transaksi nontunai dengan pelanggan saat berbelanja di toko.
Pemilik bisnis bisa mulai memahami mesin yang satu ini untuk mempermudah transaksi nontunai. Meskipun terdengar cukup rumit, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa memahaminya dengan penjelasan seputar mesin EDC yang telah dirangkum dalam artikel berikut. Baca sampai akhir, ya.
Mesin EDC Adalah
Mesin EDC adalah perangkat elektronik berbentuk menyerupai tabung yang digunakan untuk memproses transaksi pembayaran berbasis kartu, misalnya kartu kredit, debit, hingga e-money. Perkembangan teknologi membuat EDC masa kini tidak hanya bisa menerima pembayaran berbasis kartu, tapi juga pembayaran digital seperti QRIS.
Mesin ini membaca data kartu pelanggan dan mengirimkannya ke sistem bank atau penyedia layanan pembayaran untuk melakukan otorisasi guna menyelesaikan transaksi sesuai dengan nominal pembayaran yang dimasukkan. Setelah transaksi disetujui, dana dapat dicairkan ke rekening pemilik bisnis dalam jangka waktu yang sudah ditentukan di awal. Misalnya dalam H+3 hari kerja.
Cara Kerja Mesin EDC
Untuk melakukan pembayaran, pelanggan dapat menyerahkan kartu ke petugas kasir. Kemudian pihak kasir akan memproses pembayaran sesuai dengan nominal tagihan. Selanjutnya, pelanggan perlu mengonfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN dengan memencet tombol pada mesin EDC.
Pembayaran akan diselesaikan jika PIN yang dimasukkan pelanggan sesuai. Pada umumnya, struk akan dicetak melalui mesin tersebut dan dapat diberikan ke pelanggan sebagai bukti pembayaran dan salinannya juga bisa disimpan kasir sebagai bagian dari dokumentasi transaksi untuk bisnis.
Seiring dengan perkembangan teknologi, mesin ini juga bisa digunakan untuk menerima pembayaran berbasis QR seperti QRIS. Kasir dapat memasukkan nominal tagihan sesuai dengan jumlah pembelian pelanggan, kemudian kode QR akan muncul pada layar mesin tersebut.
Selanjutnya, pelanggan dapat memindai kode QR pada mesin menggunakan aplikasi pembayaran yang diinginkan misalnya mobile banking dan dilanjutkan dengan memasukkan PIN dari aplikasi tersebut. Jika pembayaran berhasil, akan muncul pemberitahuan dari sisi pelaku bisnis pada EDC. Sementara pelanggan juga dapat melihat pemberitahuan berhasil dari aplikasi pembayaran mereka.
Manfaat untuk Bisnis
Mesin ini dibuat untuk memberikan manfaat dengan meningkatkan kualitas dan efektivitas transaksi menggunakan teknologi. Berikut manfaat yang bisa bisnis Anda rasakan dengan menggunakan mesin ini dalam bisnis:
1. Mempercepat Transaksi
Pemilik bisnis tidak lagi perlu pusing menyediakan uang kembalian untuk pelanggan karena seluruh transaksi bisa dilakukan secara nontunai menggunakan EDC. Proses transaksi bisa berlangsung dalam hitungan detik, memangkas proses menghitung uang tunai, mencari uang kembalian, hingga rekonsiliasi manual terutama saat jam-jam sibuk pesanan.
Transaksi bisa berlangsung lebih cepat sehingga mengurangi waktu tunggu bagi pelanggan saat melakukan pembayaran.
2. Memperluas Opsi Pembayaran
Memperluas opsi pembayaran berarti memperluas jangkauan pelanggan. Dengan memberikan pilihan pembayaran yang beragam, pemilik bisnis bisa menarik pelanggan dengan preferensi berbeda-beda. Termasuk di dalamnya pembayaran tunai dan nontunai.
Hal tersebut tentunya menjadi bagian yang mendorong peningkatan penjualan karena cakupan pelanggan potensial semakin luas. Kemudahan pembayaran ini juga membuat pelanggan membayar dengan lebih mudah sesuai preferensi metode pembayaran yang mengurangi gagal transaksi karena tidak tersedia metode pembayaran yang diinginkan.
3. Mengurangi Risiko Penipuan Uang Palsu
Modus kejahatan uang palsu mengintai pelaku bisnis dari waktu ke waktu. Bentuk dan tampilan uang palsu semakin mirip dengan yang asli, sehingga diperlukan alat pemindai keaslian uang jika ingin memastikan keaslian uang secara manual.
Pemilik bisnis bisa menghindari risiko penipuan uang palsu dengan beradaptasi pada pembayaran nontunai. Seluruh transaksi tercatat secara otomatis pada sistem, tanpa perlu mengecek uang tunai yang diterima dari pelanggan.
4. Mempermudah Pencatatan Data
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pencatatan transaksi pada transaksi menggunakan EDC berlangsung secara otomatis pada sistem. Hal ini membantu meminimalisir kesalahan data dan mempermudah rekonsiliasi bagi staff atau admin.
5. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Pembayaran yang fleksibel, cepat, dan aman menjadi bagian dari pengalaman berbelanja pelanggan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada bisnis Anda. Pelanggan yang puas pada layanan bisnis yang disediakan menjadi pemicu loyalitas untuk terus bertransaksi di bisnis Anda.
Dalam jangka panjang, upaya untuk menjaga kepuasan pelanggan bisa menjadi bekal penting untuk menjaga sebuah bisnis tetap relevan dan menjadi pilihan pelanggan dari masa ke masa.
Alternatif Mesin EDC
Mesin EDC sudah memberikan manfaat yang nyata bagi bisnis. Namun dengan berkembangnya waktu, penyedia layanan pembayaran terus beradaptasi dengan evolusi kebutuhan dan kondisi dari pelaku bisnis.
Selain menerima pembayaran nontunai dengan mesin, pemilik bisnis kini juga bisa memanfaatkan platform online. Hubungkan bisnis Anda pada berbagai metode pembayaran nontunai secara online menggunakan layanan Payment Gateway iFortepay.
Cukup satu integrasi, website bisnis Anda sudah bisa terhubung dengan berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Anda bisa menerima pembayaran langsung di website bisnis Anda tanpa perlu tatap muka dengan pelanggan. Kelola seluruh data transaksi melalui dashboard terintegrasi. Hubungi tim iFortepay untuk diskusi lebih lanjut dengan klik di sini.